Sabtu, 05 Maret 2011

Softskill Sem 8 pert 1

PENGENALAN KOMPUTASI MODERN

Oke minggu pertama di semester 8 ini untuk mata kuliah Softskill ini kita akan membahas tentang Pengenalan Komputasi Modern. Denger kata - katanya ajah udah bingung maksdunya apa?
Tapi mari kita coba cari tau apa sie yang dimaksud dengan Komputasi Modern?
Lets the magic Begin klw kata Dumbledor!

Pengenalan Komputasi Modern, mari kita artikan satu persatu agar labih jelas. Komputasi adalah algortma yang digunakan untuk memecahkan suatau masalah atau cara bagaimana untuk memecahkan suatu masalah dari data input (masukan) dengan menggunakan menggunakan Algoritma. Nah itu adalah yang disebut juga dengan Teori Komputasi, yaitu suatu sub bidang dari Ilmu Komputer dan Matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dankertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Jadi Komputasi Modern disini bisa saya simpulkan adalah sebuah teknik pemecahan masalah dengan menggunakan algoritma yang dibantu oleh media komputer.

Komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :
  • Akurasi (bit, Floating poin)
  • Kecepatan (Dalam satuan Hz)
  • Problem volume besar (Down sizing atau paralel)
  • Modeling (NN dan GA)
  • Kompleksitas (Menggunakan teori Big O)

Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

Pencetus Komputasi Modern
Dia adalah
John Von Neumann yang di sebut Bapak Komputasi Modern. John Von Neumann adalah salah satu ahli matematika terbesar abad ini. Beliaulah yang pertama kali menggagas konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini. Beliau juga salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.
Kepiawaian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Von Neumann dilahirkan di Budapest, ibu kota Hungaria, pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit. Di sana, nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann dan Margaret Kann. Max Neumann memperoleh gelar dan namanya berubah menjadi Von Neumann. Max Neumann adalah seorang Yahudi Hungaria yang bergelar doktor dalam ilmu hukum. Dia juga seorang pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest terkenal sebagai tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi.

Contoh Penggunaan Komputasi Modern
Contoh penggunaanya biasa sebagai Sistem Pakar biasanya di gunakan dalam bidang kedokteran tapi contoh khusunya seperti apa?Saya juga kurang tahu...
Maklum lah hehehehe....
Gomao
:D

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar