Senin, 10 Januari 2011

SOFTSKILL PERT 4

Social Network Bussines (Layanan Jaringan Sosial)

P
asti diantara kita banyak sekali yang sering menggunakan aplikasi social network /jejaring sosial dan tentunya mempunyai akunya, entah itu digunakan untuk menambah teman, berhubungan dengan teman yang lokasinya jauh, mencari pacar, atau apapun. Tak dipungkiri layanan jejaring sosial ini banyak sekali membantu kita dalam hal berhubungan dengan dunia luar. Tapi apa sie sebenarnya Layanan Jejaring sosial ini?

Social Network Bussines (Layanan Jaringan Sosial)
adalah sebuah layanan situs / web online
yang bertujuan untuk berhubungan dengan orang lain dalam kata lain Social Network ini mencerminkan dari jaringan sosial atau hubungan sosial antara orang-orang, misalnya, minat yang sama siapa dan / atau kegiatan. Sebuah layanan jaringan sosial pada dasarnya terdiri dari perwakilan dari setiap pengguna (sering profil), / nya hubungan sosial, dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan jaringan sosial berbasis web dan menyediakan sarana bagi pengguna untuk berinteraksi melalui internet , seperti e-mail dan pesan instan. Meskipun komunitas online jasa kadang-kadang dianggap sebagai sebuah layanan jaringan sosial. Dalam arti yang lebih luas, layanan jaringan sosial biasanya berarti berpusat-pelayanan individual sedangkan komunitas online layanan adalah kelompok-berpusat. Situs jejaring sosial memungkinkan pengguna untuk berbagi gagasan, kegiatan, acara, dan kepentingan dalam jaringan masing-masing. Contoh dari Social Network ini adalah Facebook, Friendster, MySpace, Plurk, Twitter, Mixi (Jepang).

Analysis
Social Network
ada karena kebutuhan untuk berhubungan dengan dunia luar dengan mudah. Social network juga ada hanya untuk berhubungan dengan dunilai luar saja banyak juga kegunaan social network antara lain di bidang bisnis mislanya untuk mempromosikan iklan dari produk suatu perusahaan besar ataupun home industri. Karena dianggap social network ini media yang paling populer yang banyak di kunjungi oleh siapa pun.

Sejarah MIXI



mixi, Inc (ミクシィMikushī, TYO : 2121 ) adalah salah satu dari beberapa jaringan sosial website di Jepang. Kata Mixi adalah kombinasi dari campuran dan saya, mengacu pada gagasan bahwa pengguna, "saya", "campuran" dengan pengguna lain melalui layanan.Pada Mei 2008, mixi memiliki lebih dari 10 juta pengguna dan pangsa 80% dari pasar jejaring sosial di Jepang. Didirikan oleh Kenji Kasahara , di bawah E-Mercury, Inc (sebenarnya Mixi, Inc). mixi telah menikmati pertumbuhan yang stabil di userbase nya. Pada tahun 2005 website memiliki lebih dari satu juta pengguna, dan telah lima kali bahwa kurang dari satu tahun kemudian. Situs ini melewati 10 juta pengguna pada Februari 2007, dan pada Juli 2010, memiliki lebih dari 30 juta pengguna. Jumlah ini termasuk account dihapus dan beragam.




Case Study


Fokus Mixi adalah "masyarakat hiburan", yaitu, bertemu orang baru dengan cara kepentingan bersama. Sebagaimana khas situs jejaring sosial, pengguna dapat mengirim dan menerima pesan, menulis di buku harian, membaca dan mengomentari buku harian orang lain, mengatur dan bergabung dengan komunitas dan mengundang teman-teman mereka.

Dimulai pada bulan Februari 2004, ada sekarang lebih dari 10 juta anggota dan 1 juta masyarakat di mixi, dan lebih dari 2 juta tampilan halaman per hari per Desember 2007.

  • Pendaftaran memerlukan nomor ponsel yang valid Jepang, yang melarang siapa pun yang tidak atau belum penduduk Jepang.
  • Komunitas adalah tempat bagi orang untuk berbagi pendapat mereka melalui forum online dan cara untuk mengekspresikan selera dan hobi.
  • Sebuah footprint (Ashiato (あと足 ? )) adalah fungsi yang memungkinkan user untuk melihat siapa yang telah mengunjungi halaman mereka.
  • myMIXI, atau MAIMIKU untuk teman berarti pendek atau teman. Ini mirip ke kontak di flickr atau zooomr , atau teman di Myspace , dan melibatkan proses persetujuan. The maximum possible number of myMIXI a user allowed to have is 1,000. Jumlah maksimum yang mungkin myMIXI pengguna diizinkan untuk memiliki adalah 1.000. Accounts that are marked as tarento or celebrities don't have this limitation. Akun yang ditandai sebagai tarento atau selebriti tidak memiliki keterbatasan ini.
  • Kata Mixi adalah kombinasi dari campuran dan saya, mengacu pada gagasan bahwa pengguna, "saya", "campuran" dengan pengguna lain melalui layanan.
  • Mixi Stasiun" adalah sebuah aplikasi yang mendeteksi lagu yang dimainkan di iTunes dan Windows Media Player dan upload secara otomatis ke daftar diakses secara komunal di Musik "bagian", dan dilaksanakan akhir bulan Juni 2006. Pada bulan Juli 2006, dukungan untuk winamp dilaksanakan melalui winamp plugin, yang cepat dibuat resmi oleh Mixi.
  • Batara Eto adalah pengembang hanya pada awal situs jejaring sosial.
  • Menggunakan beberapa ratus server MySQL . Mixi juga menggunakan Tokyo Kabinet NoSQL database.
  • Mixi Kelelahan (mixi tsukare (疲れミクシィ ? )) "adalah keadaan psikologis seorang pemuda Jepang mengalami rasa lelah dari menggunakan Mixi dan menyuarakan keinginan untuk menghentikan menggunakan Mixi dan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri akun Mixi.
  • Mixi menambahkan fitur untuk meng-upload konten video Anda sendiri, bersama dengan kemampuan untuk mengirim konten dari YouTube

Success Story

Batara Eto lahir di Medan dengan nama Batara Kesuma, Dia adalah seorang Putera Indonesia pendiri Mixi, sebuah situs jejaring sosial paling populer dinegara Jepang.

Batara Eto (sebelum pindah menjadi warga Jepang setahun silam bernama Batara Kesuma) menetap di Tokyo setelah merampungkan kuliah di Jurusan Ilmu Komputer Takushoku University, Jepang. Ia mulai merancang Mixi (sebelumnya bernama E Mercury) pada Desember 2003 dengan dukungan aneka program open source seperti MySQL, Perl, LAMP, dan Apache Webserver. Ia membuat arsitektur scale-out untuk Mixi. Desain ini menggunakan banyak server biasa dan paling pas untuk situs yang perkembangannya pesat.

Salah satu kunci sukses Mixi adalah karakter komunitas. "Untuk bergabung ke Mixi harus mendapat undangan dari anggota," ujar Batara dalam sebuah seminar, dua tahun silam. Kini ada 490.000 komunitas di Mixi. Komunitas adalah tempat anggota untuk berbagi pendapat dan mengekspresikan hobi. Keberadaan komunitas ini sejalan dengan asal kata mixi, yaitu mix (berbaur) dan I (saya). Fitur komunitas menjadi ciri khas Mixi yang sanggup menarik minat jutaan orang. Keunikan lain situs berbahasa Jepang ini, setiap anggota mendapat user ID berupa nomor.

Sejak semula, Mixi sudah membuat fitur blog dan ada jendela (pane) di halaman depan yang berisi daftar blog link semua teman yang bersangkutan. Fitur ini baru diadopsi Friendster dua tahun lalu. Selain itu, Mixi juga bebas spam, jauh berbeda dari Orkut yang dipenuhi broadcast spam. Tak mengherankan jika Mixi sanggup memikat 11 juta anggota, nyaris semua orang Jepang. Angka ini jauh mengalahkan MySpace. Bahkan Yahoo! Jepang pun kalah populer dengan Mixi.

Waah hebat ya yang tadinya cuma karyawan magang akhirnya malah memnciptakan situs jejaring social yang palng besar di Jepang dan sudah mempunyai perusahaan dan beberapa karyawan. Nah kita kapan ya?
Ayo Indonesia jangan mau kalah kita bisa koq bikin jejaring sosial lokal jangan cuma bisa make tanpa bisa menciptakan!


Referensi : http://en.wikipedia.org/wiki/Social_network_service, http://en.wikipedia.org/wiki/Mixi, http://segitigadunia.blogspot.com/2011/01/profil-batara-kesuma.html, http://www.otakku.com/2010/08/09/mixi-jejaring-sosial-terbesar-di-jepang-akan-masuk-ke-asia-amerika-dan-eropa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar