Rabu, 22 Desember 2010

SOFTSKILL PERT 3

Strategy of information integritas (SII)

Strategy of information integritas (SII) atau dalam bahasa Indonesia adalah Strategi Informasi Integritas, untuk kalangan yang berkecimpung di bidang bisnis industri ataupun teknologi informasi pasti tidak asing dengan istilah tersebut. Tapi apa sie sebenarnya Strategy of information integritas (SII)?.Mari kita bahas satu persatu pengertianya.

Strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.

Informasi adalah data mentah yang belum bernilai ataup
un bermanfaat yang kemudian di proses sedemikain rupa menjadi data yang berguna bagi pengguna/user.

Sedangkan Integrasi adalah gabungan antara unit - unit dalam sistem. Jadi bisa di simpulkan bahawa Strategy of information integritas (SII) adalah tindakan / metode yang dilakukan dengan cara memadukan unit - unit dalam sistem dengan informasi yang didapatkan untuk mencapai suatu tujuan.

METODOLOGI DARI STRATEGI INTEGRITAS INFORMASI

Pada metodologi ini berdasarkan dari fenomena yang dapat disebabkan sebagai berikut :

  • Ego sektoral organisasi yang sangat tinggi sehingga menutup kemungkinan untuk mau diatur atau bekerjasama dengan organisasi lain (kecuali jika yang bersangkutan menjadi pemimpin konsorsium)
  • Anggapan bahwa sistem informasi merekalah yang terbaik dibandingkan dengan yang dimiliki oleh pihak-pihak mitra lainnya
  • Konteks kepentingan yang berbeda pada setiap organisasi sehingga sulit dicari titik temu yang memungkinkan untuk melakukan integrasi secara cepat
  1. Berebutan untuk menjadi pimpinan tim integrasi dalam sebuah konsorsium kerja sama
  2. Ketidakinginan untuk saling membagi data, informasi, maupun pengetahuan yang dimiliki karena akan dianggap mengurangi keunggulan kompetitif individu maupun organisasi
  3. Ketidaktahuan harus memulai usaha integrasi dari mana sehingga kondusif untuk dilakukan sejumlah pihak terkait; dan lain sebagainya.

Pendekatan dimaksud adalah dengan menggunakan metodologi yang menekankan pada evolusi pelaksanaan enam tahap integrasi seperti yang dijelaskan berikut ini.

GAMBAR: EVOLUSI STRATEGI INTEGRASI



Ada enam tahapan yang ada pada integritas informasi diantaranya :

  • eksploitasi Kapabilitas lokal
Pada tahapan pertama ini merupakan tahapan untuk dapat memahami semua kemampuan dari sistem informasi untuk bisa menghasilkan kebutuhan dari manajemen strategis.

  • Lakukan integrasi tak tampak
Pada tahapan yang kedua ini yaitu menghasilkan proses cetak biru pada masing – masing informasi agar bisa dikenalkan, dimana pada tahapan inilah dapat menghasilkan ide solusi pada setiap penambahan pada setiap komponen yang digunakan sebagai jembatan pada satu sistem ke sistem lainnya.
  • Kehendak berbagi pakai
Pada tahap ketiga merupakan langkah tahapan untuk mengoptimalkan solusi pada setiap langkah dengan memberikan pemanfaatan yang sangat beraneka ragam dari sumber informasinya.

  • Redesain arsitektur proses
Pada tahap keempat ini merupakan kesepakatan yang akan dilakukan dengan cara memperlihatkan nilai dari pemegang kepentingan utama secara kolaborasi. Pada tahap ini proses integrasi merupakan kumpulan dari sistem informasi.

  • Optimalkan infrastruktur
Pada tahapan ini merupakan tahapan pada sistem informasi yang dapat bekerja secara optimal untuk melayani kepentingan secara vertikal dan horizontal, dimana pada tahapan ini akan memberikan paduan yang semakin erat antar organisasi.

  • Transformasi organisasi

Tahap selanjutnya merupakan tahapan untuk dapat mencapai tujuan yang semakin erat hubungannya antar organisasi.

Referensi : http://hpa-corpored.blogspot.com/2010/12/strategy-of-information-integrasi-sii.html, http://if-unpas.org/donlot/MTI/Semester_1/Bahan%20Pak%20Eko%20Indrajit/EKO%20ARTICLES/Artikel149-StrategiIntegrasiRagamSistemInformasi.pdf, http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/konsep-strategi-definisi-perumusan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar