Minggu, 17 Oktober 2010

Tugas JarkomLan Minggu Kedua

Pada Minggu ini saya akan membahas sedikit tentang Jaringan Multimedia...
Apa sie Jaringan Multimedia itu?
Mari kita bahas...
Jaringan Multimedia

Definisi Jaringan Multimedia

Jaringan (dalam hal ini yang dimaksud adalah jaringan komputer) adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan.

Multimedia berasal dari dua kata, yaitu:

1. Multi (latin nouns): banyak; bermacam-macam

2. Medium (latin): Sesuatu yang dipakai untuk

Medium (American Heritage Electronic Dictimenyampaikan atau membawa sesuatuonary, 1991): alat untuk mendistribusikan dan mempresentaikan informasi

Bisa dikatakan Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan text, graphics, audio, video, dan animasi dengan menggunakan links dan tools yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, berinteraksi, membuat, dan berkomunikasi

Beberapa definisi multimedia :

1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)

2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)

3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)

4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)

5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

6. Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also refers to computer data storage devices, especially those used to store multimediantent (wikipedia.org)

Dari dua definis di atas, dapat disimpulkan bahwa Jaringan Multimedia adalah penggunaan komputer yang terhubung satu sama lain untuk mengkombinasikan teks, grafik, audio, video, dan animasi dengan menggunakan link dan tool yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, interaksi, dan komunikasi satu sama lain.

Ruang Lingkup Multimedia

1. Grafis

Komponen grafis merupakan unsur yang mendominasi sebuah presentasi multimedia àa picture is worth a thousand words

Kegunaan grafis dalam aplikasi multimedia :

1. Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan kosep-konsep

2. Chart à untuk ilustrasi dan meringk

as data-data numerik

3. Warna, bakground dan icon untuk menyediakan keseragaman dan keberlanjutan dalam aplikasi

4. Integrasi dari text,photo, dan grafik untuk mengekspresikan konsep, informasi atau suasana hati

5. Menunjukkan image dan budaya perusahaan

6. Simulasi dari lingkungan yang ada

7. Menjelaskan proses

8. Menjelaskan struktur organisasi

9. Ilustrasi dari lokasi

Jenis-jenis graphics :

1. Backgrounds

2. Photos

3. Grafik 3-dimensi

4. Charts (graphs)

5. Flow chart

6. Organizational charts

7. Buttons

8. Text

Contoh aplikasi jaringan multimedia

Konferensi video

Konfrensi Video(videoconference) adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah a

udio dan video secara bersamaan.

Teknologi

Teknologi inti yang digunakan dalam konferensi video adalah sistem kompresi digital audio dan video stream secara nyata. Perangkat keras atau perangkat lunak yang melakukan kompresi disebut codec. Angka kompresi dapat dicapai hingga 1:500. Digital yang dihasilkan aliran 1s dan 0s dibagi menjadi paket label, yang kemudian dikirimkan melalui jaringan digital (biasanya ISDN atau IP).

Penggunaan modem audio dalam saluran pengiriman memungkinkan penggunaan Plain Old Telephone System atau POTS, dalam beberapa aplikasi kecepatan rendah, seperti videotelephony, karena POTS mengubah getaran digital ke atau dari gelombang analog dalam rentang spektrum audio.

Komponen lain yang dibutuhkan untuk sistem

konferensi video meliputi:

  • Video input: kamera video atau webcam
  • Video output: monitor komputer, televisi atau proyektor
  • Audio input: mikrofon
  • Audio output: biasanya pengeras suara yang berkaitan dengan perangkat layar atau telepon
  • Data transfer: jaringan telepon analog atau digital, LAN atau Internet

Pada dasarnya ada dua jenis sistem konferensi video:

  1. Sistem terdedikasi mempunyai semua komponen yang dibutuhkan dikemas ke dalam satu peralatan, biasanya sebuah konsol dengan kamera video pengendali jarak jauh kualitas tinggi. Kamera ini dapat dikontrol dari jarak jauh untuk memutar ke kiri dan kanan, atas dan bawah serta memperbesar, yang kemudian dikenal sebagai kamera PTZ. Konsol berisi semua hubungan listrik, kontrol komputer, d an perangkat lunak atau perangkat keras berbasis codec. Mikrofon omnidirectional terhubung ke konsol seperti monitor televisi dengan pengeras suara dan/atau proyektor video. Ada beberapa jenis perangkat yang didedikasikan untuk konferensi video:
    1. Konferensi video kelompok besar: non-portabel, besar, perangkat yang digunakan lebih mahal untuk ruangan besar dan auditorium.
    2. Konferensi video kelompok kecil: non-portabel atau portabel, lebih kecil, perangkat lebih murah yang digunakan untuk ruang rapat kecil.
    3. Konferensi video individual: biasanya p erangkat portabel, dimaksudkan untuk satu pengguna, mempunyai kamera tetap, mikrofon, dan pengeras suara terintegrasi ke dalam konsol.
  2. Sistem desktop biasanya menambahkan papan perangkat keras ke komputer pribadi normal dan mentransformasikannya menjadi perangkat konferensi video. Berbagai kamera dan mikrofon berbeda dapat digunakan dengan papan, yang berisi codec yang diperlukan dan pengiriman tatap muka. Sebagian besar sistem desktop bekerja dengan standar H.323. Konferensi video dilakuk an melalui komputer yang tersebar, yang juga dikenal sebagai e-meeting.
Berikut ini adalah contoh gambar video teleconfrence

Fasilitas

Fasilitas yang digunakan dalam layanan video conference antara lain :

  1. Screen dan Projector
  2. Laser pointer
  3. WiFi menggunakan jaringan ITB (terbatas)
  4. Computer Graphics (CG)
  5. Video table untuk menampilkan yang dilakukan/ditulis peserta di atas mejanya
Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan konferensi video antara lain:

  • Meningkatkan produktivitas karena kemampuan VTC untuk berbagi dokumen, ide atau gambar dengan mudah.
  • Menghemat biaya.
  • Menghemat waktu.

Kelemahan konferensi video antara lain:

  • Harga masih terbilang mahal untuk dimiliki sehingga hanya perusahaan atau organisasi tertentu yang mempunyai cukup dana dan sangat membutuhkan yang memiliki konferensi video.
  • Alat-alat untuk konferensi video sulit didapat dan proses penginstalan harus ekstra hati-hati agar tidak salah.


Sumber : http://www.scribd.com/doc/36834629/Pengantar-Jaringan-Multimedia, http://www.google.co.id/imglanding?q=video+conference, http://multimedia.itb.ac.id/Video-Conference

Tidak ada komentar:

Posting Komentar